15 January 2013

The Curious Case of Rasty - Eza


Hai, kamu.
Ini surat pertama aku buat kamu yang berupa postingan blog. Anggap aja aku lagi cerita sama kamu. Bisa?
[   ]
“Tapi masih mending atuh Kakak mah cuma ‘disiksa’ secara psikis. Aku sih sampai tonjok-tonjokan sama mantan aku dulu pas mau putus,” kata Chikal setelah aku menceritakan secara lengkap sepak terjang aku bersama si mantan yang terakhir: kamu.
Waktu itu malam Minggu. Aku, Chikal, sama Ingga baru aja nonton Kak Fikan yang nyanyik di Rollas Café, Paris van Java Mall. Kemaleman, akhirnya kita semua nginep di kostan Chikal. Dan, rasanya gak lengkap kalo gak ada sesi curhat sampai ketiduran.
Duh, aku gak pernah ngerti deh sama orang yang berani atau tega nyiksa pacarnya sendiri. Ditampar, lah. Ditonjok, lah. Dikata-katain, lah. Gak ngerti. Sama sekali gak ngerti. I mean, dia tuh pacar lo lho. Kok tega? Kalo emang udah gak cinta, ya putusin baek-baek. Toh kalian berdua kan kenal terus bisa sampe jadian kan baek-baek juga. Kalo emang udah gak suka, ya kenapa harus disiksa?
Ngomong-ngomong soal disiksa, seminggu ini semua infotainment nayangin berita tentang Ardina Rasty yang ngelapor ke polisi kalo dia pernah disiksa secara fisik sama mantan pacarnya, Eza Gionino. Kabarnya sih mereka udah putus semenjak pertengahan taun 2012 kemaren, tapi Rasty baru berani ngelaporin tabiat jelek si Eza ini hampir setengah tahun setelah mereka putus.
Kamu belum tau berita tentang kasus Rasty – Eza? Coba klik di sini dan disini.
Memantau dari timeline, banyak yang lebih ngedukung Rasty dengan alasan “Cowok yang berani mukul cewek itu bukan cowok”. Emang sih ada rumor kalo si Eza ini emang kagak demen cewek. Rumor ini semakin diperkuat ketika akhirnya Eza angkat bicara dan dengan berurai air mata bilang kalo semua yang diceritain sama Rasty itu boong. Gak cukup dengan mengelak, dia juga malah boasting his sufferings to anyone yang gak ada sangkut pautnya sama kasus ini. I mean, what for? Gak laki banget aja sikapnya—kasarnya: BANCI BANGET. Dan hal itu semakin memperkuat rumor bahwa dia emang gak demen cewek. Jadi ya makanya bisa bersikap kasar seenaknya ke cewek. Wallahu’alam deh.
Bentar ye, aku terlalu berapi-api nulis paragraf yang di atas. *rendem kepala di baskom yang ada air dinginnya*
Masalah Eza itu hombreng apa kagak, aku gak tau sih ya. Cuman, aku emang suka rada sensi aja sama cowok hombreng yang sok-sok’an macarin cewek cuma buat nutupin orientasi seksual dia yang sebenernya. Well, ada sih yang bilang kalo para cowok denial itu memutuskan buat macarin cewek dalam rangka ‘biar bisa kembali ke jalan yang lurus’. You know what? Jalan yang lurus ndas mu!
Egois amat ngemanfaatin cewek buat ‘nyembuhin’ diri sendiri. Syukur-syukur kalo sembuh terus si cewek dinikahin. Tapi, kasus kebanyakannya kan ujung-ujungnya si cewek diputusin karena si cowok masih doyan cowok juga. Atau, yang paling ngenes adalah si cowok tetep kekeuh nekat nikahin si cewek, ngehamilin cewek, punya anak, eeeh tapi masih aktif aja di Manjam, Grindr, atau jack’D. Dude, good luck aja deh sama idup lo. Lo udah nyakitin hati si cewek, keluarga besar si cewek, anak lo, dan oh, orang tua lo.
“Kalo emang suka nyiksa, kenapa masih dipertahanin dulu? Belegug si Rasty teh. Untung udah putus sekarang mah,” komentar si Mamah sambil nonton berita tentang kasus Rasty – Eza.
Somehow, pertanyaan si Mamah di atas menimbulkan déjà vu. Tetiba aku inget kata-kata Chikal, Ingga, dan Kak Fikan setelah aku nyeritain tentang kamu.
“Dia udah bohongin Kakak dari semenjak kenalan dan pas mau putus pun masih ngebohong? Itu orang gak baik, Kak. Untung Kakak udah putus,” ujar Chikal.
“Udahlah jangan ngarep sama orang yang udah pernah nyumpahin kamu buat cepet mati,” saran Kak Fikan.
“Aku kira pengalaman aku dikatain ‘anjing’ sama mantan itu udah yang paling nyakitin. Ternyata ada yang sampai disumpahin buat cepet mati. Udahlah, gak bener tuh orang. Insyaallah gak akan susah kok nyari penggantinya,” kata Ingga.
Entahlah ekspresi apa yang aku tunjukkin saat mereka semua ngomong itu, tapi yang jelas Chikal langsung nyeletuk, “Yah, si Kakak mah masih suka sama dia ya? Hooaaammm…”
Dan aku mulai bertanya-tanya sama diri sendiri, kenapa dulu aku pertahanin ya walaupun aku tau kalo kamu itu tukang boong? Dan kenapa aku masih aja pengen ketemu kamu buat yang terakhir kalinya walaupun secara psikis aku udah ‘disiksa’ sama kamu?
Tetiba aku merasa terkoneksi dengan Rasty—ngebayangin gimana dia tetep mempertahankan hubungannya walaupun udah disiksa secara fisik (which means lebih berat dari kasus aku yang cuma di-bully secara psikis), gimana dia kudu pura-pura mesra di depan kamera walaupun mungkin beberapa jam yang lalu Rasty baru aja didorong ke meja sama Eza yang ‘ngamuk’ tanpa alesan yang jelas. And, somehow, ridiculously, she still loved him.
Dan itu lah mungkin yang aku lakukan sampai akhir tahun kemaren. Setiap aku inget rasa sakit saat disiksa secara psikis sama kamu, aku buru-buru mengalihkan pikiran dengan mengingat-ingat rasa suka cita saat aku pertama kenal kamu dan akhirnya kita bisa pacaran. Terus di-rewind sampai di satu titik: aku muak.
So, whoever read this post, listen: kalo emang pacar kamu itu nyebelin banget sampe ubun-ubun kamu mau pecah dan entah kenapa bikin tangan kamu enteng buat nampar pacar kamu atau ngeluarin kata-kata yang nyakitin secara psikis, inget-inget alesan kenapa kalian bisa saling suka dan pacaran. You just have to remember, dude. It won’t cause you any Rupiah anyway.
P. S.: Aku tau kok kamu gak akan mungkin berani maen tangan. Kenapa? Karena aku percaya. Sesederhana itu.
14 Januari 2013

No comments:

Post a Comment