30 January 2013

Jya-ka-ru-ta!

Dearest Jak,


Sekian belas tahun sudah aku kenal denganmu
kita sudah sering bercengkrama
hanya aku dan kamu
layaknya sahabat

Sekian belas tahun sudah aku memahamimu
kita saling memahami
hanya aku dan kamu
layaknya saudara kandung

Memang benar aku sudah menganggapmu seperti sahabatku, saudara kandungku
kita bersama sejak aku kecil
kita sudah saling berbagi suka maupun duka
banyak hal tentangmu yang aku mengerti

Banjir...
aku baru bertemu langsung dengannya sekali
saat itu ia berkunjung ke rumahku tanpa permisi dan pergi tanpa pamit
meninggalkan kesedihan di dalam tubuh kecilku saat itu
kini saat aku sudah beranjak dewasa, ia datang
lagi-lagi datang tanpa permisi dan pergi tanpa pamit
meninggalkan duka di hati teman- teman yang ia kunjungi
juga meninggalkan kesedihan di hatiku ini
aku sedih melihat sungaimu dipenuhi sampah- sampah
aku sedih melihatmu menangis
sampah. ya, sampah.
betapa jahatnya mereka memenuhi sungai sebagai bagian tubuhmu dengan sampah
tanpa peduli denganmu
coba ya nanti lain kali kamu balik memenuhi tubuh indah orang- orang itu dengan kotoran
apa yang akan mereka lakukan?
menangis? marah? sedih?
pastinya mereka akan merasakan apa yang kamu rasakan.
biar mereka kapok
dan tidak berbuat jahat padamu lagi, Jak.

Macet...
ah aku sering sekali bertemu dengannya
kamu tanpa macet itu ya serasa bukan kamu
kamu tanpa dipadati kendaraan bermotor ya serasa bukan kamu
kamu tanpa dipadati riuhnya klakson di jalanan ya serasa bukan kamu
kamu itu sudah sangat identik dengan mereka
jarak dekat pun terasa jauh karena macet
pagi hari yang seharusnya segar pun terasa sumpek karena macet
sore hari yang seharusnya menjadi tempat refreshing bagi para pekerja pun terasa menyetresskan karena macet
macet. macet. macet
apa yang harus aku lakukan untuk membantumu menghilangkan macet yang melekat di namamu, Jak?

Jak, Jak, jangan jahat ya sama orang- orang yang ingin mencoba hidup denganmu
jangan sakiti mereka
kamu nggak keras kok
kamu baik
harus ditunjukin ya
aku selalu bangga sama kamu, Jak.
dulu. sekarang. dan yang akan datang


dari aku yang selalu menyayangimu,
R

oleh @rasnyos
diambil dari http://namapanjangku.blogspot.com

No comments:

Post a Comment