23 January 2013

surat berperangko sekecil senja untuk Stella Cornelia

membayangkan kau sedang menatap senja dan aku juga, membuatku ingin mengirimkan surat ini dengan sepotong kecil senja sebagai perangkonya

: @stellaJKT48
menjelang sore, kutulis surat ini kepadamu sambil membayangkan kau sedang belajar untuk ujian besok, dengan membaca modul kuliah. atau, kau sedang melanjutbaca buku pride and prejudice-nya Jane Austen? maaf, kalau saya sering kepo dari twitter-mu, karena… bagi saya, segala sesuatu tentang dan darimu sangat menyenangkan, bahkan hal kecil remeh-temeh seperti sebuah sapaan selamat pagi-siang-malam yang kaukicaukan. lihat? beginilah cara saya mengagumi seseorang. sesederhana itu.

ah ya, sebelumnya, saya ingin mengucapkan selamat atas terpilihnya JKT48 (@officialJKT48) di kategori pendatang baru terdahsyat dalam acara musik dahsyat (@dahSyatMusik).
ingat ini surat keberapa yang saya tuliskan kepada kau? haha. iya, ini bukan surat penggemar pertama dari saya, ini surat kedua. tahu tentang event tantangan #30HariMenulisSuratCinta2013 di blog http://30harimenulissuratcinta.blogspot.com? yap, sesuai namanya, selama tiga puluh hari kedepan (dan sudah berjalan selama delapan hari), setiap peserta harus mampu menantang dirinya untuk berkomitmen menulis selembar surat setiap harinya kepada orang-orang yang berbeda. dan di setiap selasa-nya, selalu ada tema tantangan tambahan dari Axis, dan hari selasa ini, temanya adalah surat kepada selebritis favorit. bagi saya, kau adalah selebritis favorit saya. sejujurnya, menurut saya, kau lebih dari seorang selebritis favorit. sebab, bagi saya, kau adalah wanita idaman (ah, ya, saya bahkan pernah menuliskan tentang kau di sebuah lomba bertema dream women–yang, katanya akan diterbitkan jika sudah mendapatkan penerbit yang tepat).

kautahu? satu hal yang langsung terlintas di benak saat saya akhirnya saya memutuskan mengikuti tantangan #30HariMenulisSuratCinta2013: saya ingin menulis dan mengirimkan surat cinta kepada empat wanita yang menginspirasi saya selama dua puluh satu tahun ini. salah satunya: seorang wanita bernama lengkap Stella Cornelia Winarto. wanita lainnya: Inang (panggilan kami untuk Nenek) dan Mamak saya. lantas, ketika melihat tema tantangan selasa adalah surat untuk selebritis favorit, saya memilih kau sebagai penerima. dan katanya, bila beruntung, salah satu pengirim surat terbaik atau terfavorit menurut panitia, akan mendapatkan hadiah. ah, tapi, untuk saya, menulis-mengirimkan surat kepada kau dan telah dibaca pun sudah menjadi hadiah istimewa. sungguh.
masih ingat dengan seorang fans yang mengirimkan kau selembar surat merah hati dan sebuah buntelan kertas berupa naskah kumpulan cerpen berjudul Legenda Batik Rembulan? semoga kau masih ingat, dan saya selalu ada kebahagian tersendiri, saat membayangkan naskah kumpulan cerpen itu berada di pangkuanmu dan kau sedang membacanya. saya bahkan masih ingat, saat kau me-mention akun twitter saya yang lama–yang @inicurcol, saya sempat senyam-senyum sendiri seperti seorang laki-laki yang tengah menyukai seorang perempuan secara diam-diam, dan perempuan itu tahu, ada seseorang yang selalu memerhatikannya.

saat menulis surat ini, entah kenapa, ada begitu banyak hal yang ingin saya tanyakan tentang kau, ada begitu banyak hal yang ingin saya ceritakan kepada kau. terlalu banyak malah, sampai-sampai, saya harus berulang kali menulis-membaca ulang-mengedit-membaca ulang-menulis lagi supaya isi surat ini tidak menjemukan haha. dan akhirnya, jadilah seperti surat yang sedang kaubaca. salah satu yang ingin saya ucapkan: terima kasih. iya. terima kasih atas ucapan semangat yang kau pernah katakan melalui mention (mention kecil sederhana itu), supaya saya tetap menulis dan berkarya. dan… kalau saja kautahu, beberapa bulan semenjak itu, saya menulis beberapa cerpen, mengikutsertakannya di dalam lomba-lomba menulis yang ada, dan tiga di antara cerpen itu memenangkan lomba dan berhasil dimuat di buku dan… kau bisa menemukan dua di antara tiga buku itu di gramedia. iya, saya memang ingin pamer haha. tapi, hal yang sangat ingin saya pamerkan, lebih dari apa pun adalah di bagian profil penulis, saya mencantumkan kalimat seperti ini: ‘… Stella Cornelia dan Dian Novita adalah dua wanita dan dua alasan mengapa penulis masih berkarya.’. karena sulit untuk mengucapkan terima kasih secara langsung kepada kau, saya memilih untuk mengucapkan terima kasih itu di bagian profil :) bila kau luang atau kebetulan singgah ke gramedia atau toko buku, cobalah lihat buku berjudul ‘Cerita Hati: Ini Cinta Pertama’ (terbitan Bukune), di sana ada sebuah tulisan saya berjudul Bianglala. dan satu buku lainnya berjudul Midnight Stories (terbitan Mediakita), di sana ada sebuah tulisan saya berjudul Amara. dua tulisan itu untukmu, dan semoga suka.
*
menjelang sore, kutulis surat ini kepadamu sambil membayangkan kau sedang menikmati senja yang kemerahan di langit. sebab saya pun sedang menatap senja yang sama, senja di mana di bawahnya ada kita berdua. membayangkan kau sedang menatap senja dan aku juga, membuatku ingin mengirimkan surat ini dengan sepotong kecil senja sebagai perangkonya.
semoga soremu indah.

Jurangmangu Timur, 22 Januari 2013

Oleh @bianglalaaaaa Sumber: http://bianglalaaa.wordpress.com

No comments:

Post a Comment