25 January 2013

Surat Kepada Para Pengunjung

surat ini saya tuliskan khusus untuk kalian yang mengunjungi pasar malam sederhana saya ini: bianglalaaa.wordpress.com
: kalian

terima kasih telah menyempatkan diri untuk menghabiskan beberapa menit dari seribu empat ratus empat puluh menit kalian dalam waktu satu hari. sebelumnya, selasa minggu lalu saya sempat menuliskan surat pertama yang berjudul: surat untuk calon pengunjung. jadi, karena blog ini sudah berjalan sekitar tujuh hari lebih, saya memutuskan untuk menuliskan sebuah lanjutan: surat kepada para pengunjung. dan jangan pernah tanya kenapa saya menggunakan kata untuk di surat pertama dan kata kepada di surat kedua ini. haha.

hari ini saya tidak punya hal khusus yang ingin saya ceritakan. tapi, saya ingin memberitahukan kepada kalian satu rahasia kecil saya. dan seperti rahasia-rahasia pada umumnya, maukah kalian menyimpan rahasia kecil ini untuk kita saja? sebab bagi saya, rahasia yang tidak dibocorkan kepada orang lain, selamanya akan menjadi hal yang sangat mendebarkan bagi si pemberitahu dan yang diberitahu. saya dan kalian. kita.

begini, siang ini saya menyempatkan diri keluar dari gua pribadi saya haha. iya, kamar kos saya adalah gua pribadi di mana saya merenung, menulis, dan melakukan apa saja. makanya, di mata anak-anak kosan lainnya, melihat saya keluar dari kamar adalah hal langka, kecuali sekedar mengambil handuk untuk mandi atau mencari makan. kalian tahu, tempat apa yang sangat saya senangi, bahkan saya rela berjam-jam atau bahkan seharian berada di sana? gramedia. dan dalam hal ini, gramedia terdekat dari kos saya, bernama gramedia bintaro plaza.

entah kenapa, berada di antara rak-rak atau tumpukan buku–komik, novel, majalah–sangat menyenangkan. kadang saya membayangkan, betapa asiknya bila memiliki rumah kelak, lantas membangun sebuah ruangan dengan beberapa rak buku yang disusun seperti perpustakaan dan ruangan itu menghadap langsung ke taman rumah yang dihiasi beraneka bunga warna-warni. rahasia yang ingin saya bagikan: saya adalah manusia intorvert dan ekstrovert dalam waktu bersamaan.

saat sedang membaca buku, saya cenderung introvert, merasa tidak ingin diganggu oleh siapa dan apa pun. antisosial. bahkan, hape yang bergetar sekali pun tidak akan saya sentuh, kalau sedang membaca. sebab, saat membaca itulah, saya merasa seperti janin di dalam perut seorang Ibu.

nah, beda lagi kalau sedang tidak memegang atau membaca buku, saya cenderung akan ekstrovert. tahu apa yang akan saya lakukan? saya akan berjalan mengelilingi bintaro plaza dari lantai satu ke lantai tiga, balik lagi dari lantai tiga ke lantai satu, sampai akhirnya saya bosan atau kelelahan. tujuan saya cuman satu: memperhatikan para pengunjung yang berlalu lalang di bintaro, yang entah bersama kekasih, bersama keluarga, bersama sahabat atau malah sendiri, seperti saya haha. memperhatikan orang-orang yang tidak dikenal sangatlah menyenangkan. saat melihat seorang gadis melingkarkan tangan ke lengan kekasihnya, saya selalu membayangkan bahwa mereka berdua adalah kalian, para pengunjung yang pernah mampir ke blog ini, lalu saya menuliskan tentang mereka di sini, saya bayangkan mereka mampir lagi ke blog ini dan membaca tulisan ini. atau, saat melihat beberapa gadis cantik dan manis berpakaian SMA yang tertawa-tawa, saya juga membayangkan bahwa mereka adalah kalian. kemudian, saat melihat sepasang kekasih yang sedang berduaan namun yang mereka tatap adalah gadget masing-masing, saya pun membayangkan mereka adalah kalian, yang sedang membaca blog ini. begitu seterusnya, ketika saya melihat satu orang ke orang yang lain ke orang-orang yang lain. jadi, kalau kalian merasa pernah menangkap basah seorang lelaki sedang menatap atau mencurilihat ke arah kalian lalu dengan malu-malu lelaki itu mengalihkan perhatiannya, barangkali itu saya haha.

ah ya, bagi kalian yang mampir ke blog ini, bila berkenan, coba berikan sebuah komentar atau tanggapan, dan apalagi kalau avatar-nya mempergunakan avatar diri kalian :) jadi, bila di suatu hari nanti, entah di mana pun, saya melihat laki-laki atau perempuan dengan wajah mirip avatar yang kalian pergunakan, saya mungkin akan memandang kalian sedikit lebih lama dari biasanya, lalu di dalam hati, diam-diam, saya akan berbisik: terima kasih sudah meluangkan beberapa menit dari seribu empat ratus empat puluh menit kalian dalam waktu satu hari untuk mendengarkan kenangan-kenangan yang tertulis dalam surat-surat saya.

salam penuh cinta,

@bianglalaaaaa

bintaro plaza, 24 januari 2013


Oleh @bianglalaaaaa
Diambil dari http://bianglalaaa.wordpress.com

No comments:

Post a Comment